KOMPETENSI
INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) PAI DAN BAHASA ARAB
JENJANG
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SESUAI KMA 183 TAHUN 2019
AL QURAN HADITS
1.
Al Quran Hadits MTs
Negeri 2 Bogor Kelas 7 Semester Gasal
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya. |
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya. |
3.
Memahami pengetahuan
(factual, konseptual dan procedural) dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,membaca] berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
1.1
Menerima
Al-Qur'an dan hadis sebagai pedoman hidup manusia |
2.1 Menjalankan sikap tanggung jawab dalam berperilaku |
3.1
Memahami
kedudukan dan fungsi Al-Qur'an hadis dalam Islam |
4.1 Menyajikan kesimpulan tentang kedudukan dan fungsi Al-Qur'an
hadis dalam Islam |
1.2
Menerima
kekuasaan dan rahmat Allah SWT. Sesuai Q.S. asy-Syams : 1-10 dan Q.S. Ali
Imran (3): 190 dan hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah |
2.2 Menghayati sikap disiplin dalam menjalankan kewajiban |
3.2
Menganalisis
isi kandungan Q.S. as-Syams (91): 1-10, Q.S. Ali Imran (3): 190 dan hadis
riwayat Bukhari dari Abu Hurairah; |
4.2.2
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. as-Syams (91): 1-10, Q.S. Ali Imran (3): 190 dan hadis riwayat
Bukhari dari Abu Hurairah. 4.2.3
Mengolah
fenomena sosial dan alam sebagai bukti kekuasaan Allah sebagaimana dalam Q.S.
as-Syams (91): 1-10, Q.S. Ali Imran (3): 190 dan hadis riwayat Bukhari dari
Abu Hurairah; 4.2.4
|
1.3
Menerima
bahwa Allah Swt. mencintai orang yang pemurah dan membenci orang yang kikir |
2.3
Menjalankan
sikap peduli kepada masyarakat |
3.3
Menganalisis
isi kandungan Q.S. al-Lail (92): 1-11, dan hadis hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah; |
4.3.1
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Lail (92): 1-11, dan hadis hadis riwayat Muslim dari Abu
Hurairah. 4.3.2
Menyimpulkan
keterkaitan kandungan Q.S. al-Lail (92): 1-11, dan hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah dan hadis riwayat Muslim dari Jabir bin Abdillah dengan fenomena
sosial dan menyajikannya secara lisan atau tulisan |
2.
Al Quran Hadits MTs Kelas 7 Semester Genap
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya. |
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli (toleran, gotong
royong), santun, percaya diri, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya. |
3.
Memahami pengetahuan
(factual, konseptual dan procedural) dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,membaca] berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
1.4 Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an sesuai kaidah Ilmu Tajwid |
2.4
Menjalankan sikap
teliti dalam melaksanakan tugas |
3.4
Memahami
ketentuan hukum bacaan Mad thabi'i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz
munfashil |
4.4 Mempraktikan bacaan mad thabi'i, mad wajib muttashil, dan mad
jaiz munfashil dalam surat pendek pilihan |
1.5
Menerima
bahwa optimis dan sabar adalah perintah Allah SWT. |
2.5
Mengamalkan
sikap pantang menyerah dalam meraih keberhasilan sebagai salah satu bentuk
sikap anti korupsi |
3.5
Menganalisis
isi kandungan Q.S. al-Balad (90): 1-10, Q.S. az-Zumar (39): 53 dan Q.S. alBagarah
(2): 153 tentang optimis dan sabar |
4.5.1 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Balad (90): 1-10, Q.S.
az-Zumar (39): 53 dan Q.S. alBagarah (2): 153 4.5.2
Menyimpulkan
keterkaitan kandungan Q.S. al-Balad (90): 1-10, Q.S. a7-Zumar (39): 53 dan
Q.S. al-Bagarah (2): 153 dengan fenomena sosial dan menyajikannya dalam
bentul lisan atau tulisan |
1.6
Menerima
kebenaran isi kandungan hadis tentang sikap berfikir positif, optimis dan
sabar dalam kehidupan bagi orang mukmin |
2.6
Menjalankan
sikap berfikiran positif, optimis dan sabar dalam kehidupan sehari-hari |
3.6
Menganalisis
keterkaitan isi kandungan hadis riwayat Muslim dari Abu Yahya Shuhaib bin
Sinan; dan hadis riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Abbas; dan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah; tentang optimis dan sabar dalam fenomena kehidupan dan akibatnya |
4.6.1 Mendemonstrasikan hafalan hadis riwayat Muslim dari Abu Yahya
Shuhaib bin Sinan. 4.6.2
Menyimpulkan
dampak sikap optimis dan sabar dalam kehidupan sesuai isi kandungan hadis
riwayat Muslim dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinandan hadis riwayat Tirmidzi
dari Abdullah bin Abbas dan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah
dengan fenomena sosial menyajikannya dalam bentuk lisan atau tulisan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar