KOMPETENSI
INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) PAI DAN BAHASA ARAB
JENJANG
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SESUAI KMA 183 TAHUN 2019
AL-QURAN HADITS
1.
AL-QURAN HADITS MTs
Negeri 2 Bogor Kelas 8 Semester Gasal
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya. |
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya. |
3.
Memahami pengetahuan
(factual, konseptual dan procedural) dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca]
berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
1.1
Mengamalkan
membaca Al-Qur'an sesuai kaidah Ilmu Tajwid |
2.1
Menjalankan
sikap teliti dalam bertindak dan berperilaku |
3.1
Memahami
ketentuan hukum bacaan mad 'iwadl, mad layyin dan mad 'aridl lissukun |
4.1 Mempraktikkan hukum bacaan mad 'iwadl, mad layyin dan mad 'aridl
lissukun dalam Al-Qur'an surah pendek pilihan |
1.2
Menghayati
bahwa infak dapat untuk menyucikan jiwa dan menambah keberkahan |
2.2
Menjalankan
sikap peduli kepada sesama |
3.2
Menganalisis
isi kandungan Q.S. Al- Fajr (89): 15-18, Q.S. alBaqarah (2): 254 dan 261 tentang
infaq di jalan Allah SWT. |
4.2.1
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al- Fajr (89): 15-18, Q.S. al-Baqarah (2): 254 dan 261. 4.2.2
Menyimpulkan
keterkaitan kandungan Q.S. Al-Fajr (89): 15-18 dan Q.S. al-Baqarah (2): 254
dan 261 dengan fenomena sosial tentang infak dan sedekah dan menyajikannya
dalam bentuk lisan atau tulisan |
1.3
Menghayati
keutamaan berinfak sebagai manifestasi keimanan seseorang |
2.3
Menjalankan
sikap peduli kepada sesama |
3.4
Menganalisis
isi kandungan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah: dan hadis
riwayat Bukhari dari Hakim bin Hizam; tentang
infak di jalan Allah SWT. |
4.3
Menyajikan
hasil analisis tentang keutamaan orang yang berinfak sesuai pemahaman hadis
riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah dan hadis riwayat Bukhari dari Hakim
bin Hizam |
2.
AL-QURAN HADITS MTs Kelas 8 Semester Genap
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya. |
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli (toleran, gotong
royong), santun, percaya diri, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya. |
3.
Memahami pengetahuan
(factual, konseptual dan procedural) dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,membaca] berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
1.4
Menghayati keutamaan membaca Al-Qur'an sesuai kaidah Ilmu
Tajwid |
2.4
Menjalankan sikap cermat dan teliti dalam menjalankan
kewajiban |
3.4
Memahami ketentuan hukum bacaan mad shilah, mad badal,
mad tamkin, dan mad farqi dalam Al-Qur'an surah pendek pilihan |
4.4 Mempraktikkan hukum
bacaan mad shilah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam AlQur'an surah
pendek pilihan |
1.5
Menerima kebenaran tentang kehidupan akhirat lebih utama
dari pada kehidupan dunia |
2.5
Menjalankan sikap tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari sebagai modal dasar pembentukan sikap anti korupsi |
3.5
Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Ma (87): 14-19, Q.S.
alQashash (28): 77 dan Q.S. Ali Imran (3): 148 tentang adanya hubungan kehidupan
dunia dan akhirat |
1.5.1
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Ma (87): 14-19, Q.S.
al-Qashash (28): 77 dan Q.S. Ali Imran (3): 148. 1.5.2
Menyimpulkan keterkaitan kandungan Q.S. al-Ma (87):
14-19, Q.S. al-Qashash (28): 77 dan Q.S. Ali Imran (3): 148 dengan kesalahan
gaya hidup materialistik, hidonis dan konsumtif pada zaman akhir |
1.6
Menerima bahwa aktifitas kehidupan dunia sebagai
perantara mencari bekal untuk kehidupan akhirat |
2.6
Menjalankan sikap sungguh-sungguh dalam menjalankan
aktifitas sehari-hari diniatkan juga ibadah untuk kebahagiaan akhirat |
3.6
Memahami isi kandungan hadis riwayat Muslim dari Abu.
Hurairah; dan hadis riwayat Muslim dari Mustaurid bin Syaddad; |
1.6.1
Mendemontrasikan hafalan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
dan hadis riwayat Muslim dari Mustaurid bin Syaddad tentang adanya hubungan
kehidupan dunia dan akhirat hadis. 1.6.2
Mengomunikasikan kandungan hadis riwayat Muslim dari Abu
Hurairah dan hadis riwayat Muslim dari Mustaurid bin Syaddad tentang hubungan
kehidupan dunia dan akhirat hadis |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar